MEMBUAT PCB DENGAN CNC


MEMBUAT PCB DENGAN CNC


Cara membuat pcb dengan CNC sebenernya mudah. Namun jika belum ketemu caranya memang agak sedikit susah, Saya sendiri juga sudah menghabiskan beberapa GB kuota untuk mencari referensi diinternet, Mengingat saya masih pemula yang nggak ngerti sama sekali bahasa pemprograman. Dengan demikian setelah saya berhasil membuat langsung saya tuliskan pengalaman saya sebagai catatan pribadi dan barangkali ada yang membutuhkan juga bisa ikuti langkah – langkahnya dari awal. Memang sudah banyak tutorial – tutorial membuat pcb dengan cnc, Namun kebanyakan tutorial tidak dari awal melainkan hanya dari pertengahan. Sehingga membuat para memula seperti saya ini yang nggak tau bahasa program merasa kesulitan dan hanya melongo sambil bilang kok bisaayaaa….. ? Punyaku kok nggak gitu. Begitulah pengalaman saya.
 Maka dari itu saya akan menulis langkah – langkahnya dari awal dengan bertujuan besok kalau lupa bisa dibuka kembali catatan – catatan kecil ini.
Utuk membuat PCB dengan CNC ada beberapa peralatan yang dibutuhkan antara lain yaitu :
1.      CNC
Jika belum ada CNC bisa beli CNC yang sudah jadi atau mau bikin sendiri juga bisa.
Yang ingin bikin sendiri bisa mampir ke

 TUTORIAL MEMBUAT CNC DENGANARDUINO UNO. Untuk dijadikan referensi.
2.      DESAIN BOARD / PCB DENGAN FORMAT G-CODE
Kenapa harus g-code ?. Karena Software yang saya gunakan hanya bisa mengexekusi format g-code.
Dan untuk membuat PCB G-CODE saya menggunakan Sofware / Aplikasi EAGLE.
Jika EAGLE belum terinstall bisa mampir ke

TUTORIAL INSTALL EAGLE FULL.

Setelah semua yang dibutuhkan redy langsung dimulai saja langkah – langkah membuat pcb dengan CNC nya. Yang pertama harus di buka adalah aplikasi bCNC. Jika belum punya aplikasi bCNC bisa mampir ke

 TUTORIAL INSTALL bCNC LENGKAP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA RESET AKUN ANDROID TERBARU

CARA RESET AKUN ANDROID TERBARU ( 0S 10 DAN 11 )       Berdasarkan pengalaman yang saya lakukan, Buat semua tipe HP dengan OS 10 dan 11 y...