CNC DENGAN ARDUINO


MEMBUAT CNC DENGAN ARDUINO


  Pada kesempatan hari ini saya akan mengabadikan pengalaman pribadi saya yaitu
MEMBUAT SENDIRI CNC DENGAN ARDUINO DAN SHIEL V3.0. Karena dari pengalaman pribadi, saya pernah beli secara online CNC yang sudah jadi, begitu saya transfer uangnya namun unitnya tidak dikirim alias kena kibul. Makanya saya memutuskan untuk bikin sendiri. Adapun peralatan yang dibutuhkan antara lain adalah :
1.       1 Adruino Uno                                  
2.       1 Shiel V3.0 + Driver steppernya               
3.       3 Motor Stepper                             
4.       1 Drill / Bor                                         
5.       1 Power Supplay 12V / 24V, tergantung dari spesifikasi motor dan bor yang dipakai minim 5A
  Peralatan yang dibutuhkan untuk perakit mekaniknya yaitu menggunakan kayu , besi , atau aluminium tergantung tebal isi kanthong.
  Namun pada kesempatan ini yang akan saya bahas adalah Cara Program Arduino dan softwarenya saja. Untuk pembuata mekaniknya nanti nyusul.
  Dan peralatan yang dibutuhkan antara lain
1.       Software / Aplikasi Arduino IDE yang bisa didownload DISINI
2.       Firware GBRL yang bisa didownload DISINI
  Jika peralatan sudah komplit dan IDE sudah terinstall pada PC, Sekarang masukkan / pasang Firmware GBRL pada Aplikasi IDE dengan cara : Extract dulu firmware yang sudah didownload tadi sehingga ada beberapa file dan folder seperti pada gambar dibawah




  Sesudah diExtract
 selanjutnya Copy folder gbrl Paste pada directory installer IDE pada bagian liblaries. Kalau pada CP saya yaitu Windows 8 32bit / X86 ada pada directory C:\Program Files\Arduino, nah didalam folder Arduino tersebut ada beberapa file dan folder diantaranya yaitu folder liblaries. Sekarang tinggal buka folder liblaries dan pastekan folder yang sudah dicopy tadi yaitu folder gbrl ke dalam folde liblaries.


  Sesudah selesai konekkan Arduino Uno ke PC, lalu buka aplikasi IDE
  klik tab “Tools” skrol pada menu “Board”: pilih Arduino / Genuino Uno.


 Masih pada tab “Tools” skrol pada menu “Port” pilih COM Arduino anda yaitu pada COM berapa, Untuk mengetahui COM Arduino yang terpasang bisa dilihat pada Device Manager.

 
  Untuk mengetahui koneksinya bisa dicek dengan menu “Get Board Info“ yang posisinya masih pada tab “Tools”. Jika sudah ada nomor serinya artinya Arduino anda sudah konek dengan PC.

 Langkah selanjutnya yaitu klik ditab “File” – “Examples” – “gbrl” – “gbrlUpload”


Setelah itu klik Upload yaitu tanda panah pada IDE hingga ada notifikasi Done Uploading.

Sampai ditahap ini berarti Arduino sudah menjadi mesin CNC. Dan boleh istirahat sebentar nyeruput kopi sambil udut untuk penghilang pusing / agar fresh kembali. Langkah selanjutnya adalah 

MEMBUAT MEKANIK / RANGKA CNC

 Setelah semua proses diatas berjalan dengan baik sekarang saatnya membuat rangka CNC. Namun sebelum mulai pembuatan rangka, alangkah baiknya tes komponen dulu agar nantinya saat membuat rangka tidak bingung skema penempatan motornya.
Untuk tes komponen itu sendiri membutuhkan beberapa Software, yang pertama adalah Software untuk pembuatan g-code, dan kedua adalah Software untuk mengeksekusi g-code, yang nantinta akan disambungkan ke Hardware atau Arduino.
DIsini yang sudah saya prektekkan saya menggunakan Software bCNC untuk mengeksekusi g-code nya. Karena ini hanya tes, untuk file g-codenya saya tidak buat sendiri, melainkan saya download dari internet. Jadi untuk tes disini saya tidak membutuhkan Software pembuatan g-code. Tapi untuk pemasangan Software bCNC itu sendiri saya mendapatkan kesulitan, beberapa kali pemasangan sampai gonta-gani versi tetap tidak bisa dibuka, begitu dibuka selalu FC. Setelah saya ubeg-ubeg dimana letak kasalahanya Alkhamdulillah ketemu dan bisa berjalan dengan lancar, inilah salah satu tujuan saya utuk menulis, agar nantinya disaat ada kesulitan yang sama saya bisa buka kembali catatan-catatan kecil ini.

Cara install bCNC pada Windows 32bit / X86

Disini yang sudah saya praktekkan dan berhasil, saya menggunakan OS Windows 8 32bit. Langsung menuju ke langkah pemasangan. Untuk pemasangan Software bCNC membutuhkan beberapa File dan Software,
1.        python-2.7.15. Bisa download DISINI.
2.       bCNC. Bisa download DISINI.
3.       pyserial-3.4. Bisa download DISINI.
Setelah semuanya didownload, langkah pertama yaitu install python-2.7.15, cara instalnya : Klik python installernya maka akan muncul pilihan seperti pada gambar, dan yang wajib diperhatikan adalah yang diberi tanda merah pastikan pengaturannya sama.


Selanjutnya klik Next hingga selesai. Setelah install selesai pastikan ada Path yang menuju ke folder installasi python. Lihat pada Environment Variables...Dengan cara klik kanan pada "This PC" lalu "Properties" klik "Advenced system settings" klik "Environment Variables..."


Lihat pada nomor 4 pastikan ada path yang menuju pada folder python. kalau belum ada bisa ditambah sendiri


Pada nomor 3 saya menggunakan format "C:\Python27" karena saya menginstall python pada Driv C bukan pada C:\Program Files.
    Jika sudah sekarang cek python dengan cara buka Windows Power Sheel dan ketik "python" jika proses install berjalan dengan lancar maka akan ada notiv versi python.


Kedua pasang bCNC. extract bCNC yang sudah didownload dan copy hasil extract ke drive C. Buka Windows PowerShell, KARENA SUDAH NGANTUK MAKA

Bersambung...........

3 komentar:

CARA RESET AKUN ANDROID TERBARU

CARA RESET AKUN ANDROID TERBARU ( 0S 10 DAN 11 )       Berdasarkan pengalaman yang saya lakukan, Buat semua tipe HP dengan OS 10 dan 11 y...